My Memorable ‘Kassa Health Crew’

Tribute to my KKN friends…

'Kassa Health Crew'

'Kassa Health Crew'

Pagi itu saya bangun pagi memerhatikan sekeliling kamarku di RUSUN UNHAS. Ada kejanggalan dalam hatiku. Mulai sekarang sudah tidak ada lagi pagi yang dipenuhi kesibukan menyediakan sarapan untuk 13 orang warga Posko Kassa. Tidak ada lagi keributan menyediakan bahan-bahan Proker (Program Kerja) sehari-hari. Ada kesayuan dalam hati.

 

Hampir dua bulan di sana sudah cukup menimbulkan bibit-bibit rindu  pada sahabat-sahabat yang turut sama berjuang dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata). Teman-teman yang begitu sabar mengajar pelbagai aspek yang perlu saya tahu buat bekalan ke depan. Alhamdulillah, saya dikaruniakan dengan teman-teman posko yang terbaik. Mau ka juga menghargai mereka di sini deh. Yuk, kita renteti kenangannya satu per satu… 😉

 

Musmulyono

Panggilan: Nono

Course: Nursing

Nono merupakan Korcam (Koordinator Kecamatan) bagi Kecamatan Batulappa. Dia memiliki kewibawaan pemimpin yang tinggi dari pengalaman pesatuannya selama ini. Orangnya gak bisa lepas dari HP lho… Biar tidur ke’, makan ke’, HP teruus! Paling gampang sakit juga (terlalu kurus sih, tapi banyak banget makannya). Peribadinya unik, ada waktunya malas, ada waktunya rajin banget mengalahkan teman cowok lain. Tapi paling penting, Nono orangnya paling tabah antara kami. Tegar banget menghadapi cabaran hidup, biar apapun yang menerpanya. Kenangan pertama saya di Kassa juga bermula dengan Nono sewaktu kami dipasangkan berdua untuk pendataan. Terlalu banyak peninggalan berharga dari Nono buatku, termasuklah secebis ilmu bahasa Bugis yang kupelajari, kebanyakannya ku dapat dari Nono. Makasih ya, Nono. Sayang banget sama kamu… (Yah, sayang teman sih. Nggak mungkin saya rebut kamu dari pacarmu kok. Hehe…)

 

Mawardy Anwar

Panggilan: Ardy

Course: Medicine

Cowok ini yang paling kubanggakan di Posko Kassa. Tidak semua posko bisa punya Kordes (Koordinator Desa) yang sangat bertanggung jawab seperti ini lho. Ardy adalah orang yang akan memastikan anak buahnya aman dan selamat dari awal KKN sampai ke akhirnya (berlanjut hingga selepas KKN malah. Hehe..). Orangnya kecil tapi protective banget. He have all the qualities of a good leader you could ever ask for. The kind of leader whom you worth to obey. Saya sering bilang sama temanku, “selagi ada Ardy, saya tidak khawatir apa-apa kok”. Jujur aja, biarpun sama-sama kuliah di Fakultas Kedokteran, tapi saya tidak pernah tau siapa yang namanya Mawardy Anwar. Setelah dikenali lebih dekat, ternyata Ardy suka mengusik orang juga. Capek juga kalau dilayan. Satu kualitas dokter pada diri Ardy yang mengagumkan saya, dia pintar untuk deteksi kecederaan orang lain. Pernah satu kali saya tercedera, dan coba sedaya mungkin menyembunyikan kecederaan saya. Sebesar usahaku itu masih juga dapat dikesan oleh Kordes ku ini. Mawardy benar merupakan sosok yang unik dan istimewa. Thanks, Ardy, atas jagaanmu selama ini. 😉

 

Almustikah

Panggilan: Ikha

Course: Pharmacy

Sekretaris kami yang seorang ini awalnya keliatan kalem banget. Tapi ternyata orangnya heboh juga. Paling suka tertawa antara semua teman-teman Posko Kassa. Sifatnya manja, suka mengusik dan narsis bangeet. Paling kuat melatah juga. Begini-begini juga Ikha banyak ajarin saya bahasa gaul Indonesia. Paling saya suka darinya, biar dia suka ketawain orang lain, tapi kalau saya tanya tentang penggunaan bahasa gaul, dia tidak pernah ketawa. Ikha juga sensitif dan tegar orangnya. Hatinya halus banget terutama jika terkait hal-hal orang yang disayanginya. Pernah suatu ketika anggota kelompok kami kecelakaan (kononnya) sehingga kami semua khawatir, Ikha coba tegar menelpon sana-sini dalam wajah pucat dan suara sendu menahan tangis. Karena dia tahu sekali kalau dia menangis, penyakit asthma nya akan kambuh dan itu pasti sangat merepotkan kami semua. Tabah sekali, ya… Makasih, Ikha. Kamu mengajariku untuk tegar menghadapi sikon hidup. Kalau tidak karena kamu, saya juga sudah pasti menangis malam itu. (Yang merasa, jangan diulangi ya. Kasian sekali teman-temanmu kodong)

 

Firda Hazriani Gela

Panggilan: Firda

Course: Pharmacy

Kesan pertamaku pada Firda, dia seorang yang jaim sekali. Senyumnya kayak tidak ikhlas, keliatannya juga pendiam sekali. Apa lagi tugasnya sebagai bendahara yang sering ambil uangnya orang. Aduh, ternyata salah besar ya. Firda adalah orang yang paling bersikap lepas antara kami. Orangnya suka berterus terang menyebabkan kami gampang mengerti dirinya. Kalau mau ketawa, dia ketawa. Kalau mau menangis, dia menangis. Kalau dia tidak suka, dia bilang memang. Makanya Firda menjadi orang yang gampang akrab. Ramai teman-teman Posko Kassa paling awal akrab sama Firda sejak KKN dimulai. Sifat ini juga yang menjadikannya bendahara yang bagus. Gadis Irian ini juga punya suara bagus sekali lho… Serak-serak halus gitu. Pokoknya kalau nyanyi enak didengar, saya suka. Satu lagi, Firda suka sekali anak-anak. Kalau nggak salah, kebanyakan anak-anak desa yang tinggal di sekitar posko kami suka sama dia. Hmm, inilah bunga mekar di Posko Kassa, perkenalkan… Hehe…

 

Ali Baadilla

Panggilan: Pak Ali

Course: Public Health

Ini anggota Kesekretariatan, tapi jarang sekali saya liat dia menjalankan kerja-kerja bagian Kesekretariatan. Tubel (Tugas Belajar) kami yang seorang ini memang unik sekali. Orangnya berjiwa muda. Diberi julukan Korlap (Koordinator Lapangan) secara tidak rasmi dari kami karena dia suka sekali jalan-jalan sama kami ke sana-sini. Kayak anak muda toh? Dan jangan ketipu ya dengan wajah seriusnya, orangnya usil banget. Kalau udah duduk sama Mawardy, bakalan panas kursi ta’. Tiap baris kata-katanya bisa bikin kita tertawa dan penasaran. Aduh, hancur… Kalau di fakultasnya, dibilang dia orang hebat. Perfectionist, goal-oriented, penuh disiplin lagi. Kerjanya bagus banget, pasti diselesaikan sampai tuntas. Pak Ali juga orangnya lantang berbicara. Kalau rapat, suara dia terus yang kedengaran. Kalau dia tidak ada, rapatnya mulus sekali. Hehe… Kata-kata andalannya “ok, mantap”. Bakalan kangen sama kamu nih, Pak Ali. (Pak Ali masih ‘berutang’ sama saya, tau. Masih ingatkah? Hehe…)

 

Rizka Yulianti

Panggilan: Rizka

Course: Medicine

Waa, inilah anak Kassa paling ribut. Kalau tidak ada dia, terasa sekali sepinya. Sama seperti Mawardy, saya juga tidak pernah mengenali Rizka biarpun sudah sekuliah selama tiga tahun. Dialah anak Kassa yang pertama menghubungi saya sewaktu mahu bertemu supervisor kami. Orangnya kecil sekali. Wajahnya maniezs banget. Saya suka sekali liat senyumnya. Gadis Katholik kelahiran Toraja ini orangnya ramah dan tidak pernah menyakitkan hati. Dia pandai menghargai orang lain dan mempunyai perasaan mendalam terhadap teman-temannya… Liat saja gayanya kalau ‘temannya’ di Desa Teppo diusik, dialah orang pertama yang akan marah. Hehe… Rizka juga gampang diusik karena ada juga sifat pemalunya. Paling parah dia diusik Mawardy sewaktu malam ultahnya. Kasian banget. Haih, udah kangen sama canda tawa Rizka nih. Masih ingatkah Rizka pernah tanya “enak tidak berteman sama anak Indonesia?”. Nah, ini jawaban ikhlasku, Rizka; Enak bangeet, serasa kayak mau terus menetap di sini saja! Love you so much, dear! 😉

 

Hasnilawaty

Panggilan: Hasni

Course: Dentistry

Mau saya jujur tidak? Sebenarnya toh, saya paling suka dengar Hasni tertawa. Lunak sekali~ Tidak terlalu pelan, tidak juga terlalu lantang. Pas didengar di telinga. Apalagi dihiasi dengan barisan giginya yang cantik. Ya iya la, namanya juga anak kedokteran gigi. Dari pengamatan saya, Hasni orangnya bertanggung jawab dan setia kawan. Liat saja gimana teguhnya dia sama Kak Hery habisin penyuluhan Oral Hygiene, sikat gigi massal dan PHBS nya. Biar capek (keliatan sekali di mukanya), habis targetnya terlaksana 100%! Hasni juga orangnya pemaaf dan tidak pendendam. Ngambeknya tidak pernah lama. Tapi malangnya, kayak Rizka, orangnya gampang banget dikerjain (kodong~). Karena dia benci banget bau balsem, plus gampang rasa geli kalau diusik-usik lehernya. Yach, kebetulan juga posko kami pada suka usil semua. Pernah juga saya usil dia satu kali, waktu saya lagi pakai minyak yang baunya kayak balsem. Rasa bersalah banget sama Hasni. Maaf ya, maaf bangeeet! Masih sayang kok, sama kamu, Hasni~

 

Makmur Hasanuddin

Panggilan: Mamo

Course: Public Health

Kalau pertama kali ketemu, cowok ini menjengkelkan sekali. Sok kenal, suka mengusik, bilang saja semua sifat yang negatif, pasti ada pada dia. Lama-lama dikenali, ternyata orangnya baik banget. Paling rajin, kreatif, hormat sama orang lain, bilang saja semua sifat yang positif, pasti ada pada dia. Mamo seorang pendengar dan penasihat yang baik. Sangat menjaga perasaan orang lain, bicaranya teratur sekali. Dia adalah seorang teman yang akan membuat saya tertawa di saat saya ingin menangis. Sebagai anggota Dokumentasi, Mamo juga pintar banget ambil foto. Hasilnya bagus-bagus semua. Indah~ Saya suka sekali sudut-sudut fotonya. Dia juga punya sisi alimnya lho… Dialah orang yang sering mengingatkanku untuk shalat bila tiba waktu. Dia jugalah yang paling banyak mengajariku bahasa, budaya dan tata susila di Indonesia. Coba, liat fotonya. Nggak cocok banget dengan penampilannya di? Hehe, jangan marah ya, Mamo. Bercanda ji. Begitu barulah yang namanya teman sejati. Makasih banyak ya, fren. 😉

 

Nurlaila Muslim

Panggilan: Ila

Course: Nursing

Pertama kali bertemu Ila sewaktu pembekalan KKN, dia yang menyapa duluan. Orangnya ramah, rajin dan baiiik banget! Maaf ya, ukht. Waktu itu saya cuek sekali. Soalnya belum kenal sih. Ila orangnya lincah, cepat sekali kalau dia bekerja. Dia suka belajar benda-benda baru. Temanku yang sama-sama bangun pagi, jalan pagi, jalan sore, olahraga, dan sebagainya. Saya paling suka kalau lagi cuci piring sama Ila, kami sering ngobrol tentang masalah agama. Kalau lagi jalan pagi, sering ngobrol tentang ciptaan Allah. Ila juga yang akan sering mengingatkanku tentang ikhtilat, dll. Tapi, Ila punya hobi buruk lho. Suka banget usil orang. Pernah juga Rizka terhantuk dinding karena usilannya. Aduuh… Kalau difikir-fikir, saya dikelilingi teman-teman yang suka usil terus ya. Capek ka~ Ila juga suka perhatikan orang. Anak-anak Kassa sudah dianalisis sifatnya semua oleh Ila. Huu, bahaya itu. Dan yang paling penting, Ila punya hati yang halus sekali. Dialah orang yang menghayati tiap saat di Kassa, menyayangi dan memberi yang terbaik buat kami. Syukran atas kenangan yang terindah selama di Kassa ya, Ila. Tidak mungkin saya lupakan, love you so much! Muahx!

 

Iputu Wayan Marayadnya

Panggilan: Pak Wayan

Course: Public Health

Pak Wayan antara Tubel yang paling akrab sama saya. Orangnya bertanggung jawab dan goal-oriented, tidak pernah dia tinggalin kerjanya terbengkalai begitu saja. Ada cerewetnya juga sih, tapi sangat rajin juga, sering bangun pagi sekali, bantu-bantu tuan rumah bersihin sekitar. Saya suka sekali nonton Pak Wayan kalau lagi kerja. Semangat sekali sih. Saya juga suka kalau ngobrol sama Pak Wayan. Omongannya pasti penuh manfaat. Saya masih ingat dia lagi cerita-cerita pengalamannya di Rumah Sakit, pengalaman koas dan sebagainya. Gaya bicaranya menyenangkan, makanya dia cocok sekali sebagai Public Relation. Warga Kassa ramai yang suka sama dia lho. Kalau dalam rapat, Pak Wayanlah lawan bicaranya Pak Ali. Kalau tidak ada mereka berdua, rapat itu membosankan banget deh. Satu lagi, Pak Wayan orangnya teliti. Barangnya dijaga rapi. Lucu sekali gayanya. Hehe… Pak Wayan juga suka ngopi. Bisa dibilang setiap waktu minta kopi. Bakalan kangen mau bikin kopi untuk Pak Wayan nih. Kapan-kapan datang jalan-jalan ke Malaysia ya, Pak. 😉

 

Maharuddin

Panggilan: Pak Mahar

Course: Public Health

Tubel yang ini diberi julukan Raja Bantal. Soalnya dia kalau lagi bobo, banyak sekali pakai bantalnya. Apalagi kalau tidak ada kerjaan, posisinya di depan TV terus! Dia adalah orang paling serius kalau lagi nonton berita. Bagi saya, Pak Mahar orangnya lucu. Lucu sekali sampai saya suka sekali perhatikan dia terus. Jangan kata orangnya, SMSnya juga lucu. Masih ingat kejadian malam ultahnya Rizka waktu dia SMS Rizka bilang jangan tidur karena kita lagi bikin surprise? Aduh, parah banget Pak Mahar. Pernah satu ketika Pak Mahar terkena vertigo, kepalanya pusing sekali. Hampir setiap saat dia suruh kami tensi tekanan darahnya. Capek ma kodong~ Satu yang unik tentang Pak Mahar, orangnya nomor satu dalam hal kecepatan. Bicaranya cepat, ketik SMSnya juga cepat sampai-sampai tidak sempat taruk spasi. Menyetir juga cepat (laju) sekali. Biar motor ke’, mobil ke’, tidak kenal ampun. Katanya Pak Wayan, kalau Pak Mahar bawa motor, biar laluannya cuma seutas tali juga dia bisa lewat. Memang jagoannya bawa motor Pak Mahar itu, ketua geng motor kapang. Hehe… Kangen bah sama telatahnya Pak Mahar… 😉

 

Hery Bonggalayuk

Panggilan: Kak Hery

Course: Public Health

Kak Hery ni Tubel juga nah, muda sekali toh? Orangnya lucu banget, sama kayak Pak Mahar. Kak Hery seorang yang ceria dan menceriakan keadaan. Suka sekali tertawa -dan diketawain (kodong~). Kak Hery juga kayak Nono, dipegang terus HPnya. Hari-harinya pasti dimulai dengan bunyi HP. Kak Hery paling suka bergosip antara kami hingga dikasi julukan Korgos (koordinator Gosip). Tapi kadang Kak Hery ada waktunya serius juga. Kalau tiba waktunya serius, enak banget diajak berbincang. Bisa nambah ilmu lagi. Yang paling saya suka sama Kak Hery, dia itu rajiiiin banget! Luar biasa rajinnya. Dialah cewek Kassa yang paling sering membantu di dapur, tidak kira kapan gilirannya. Tidak cukup di dapur, dia bantu juga di majlis-majlis warga Kassa. Haih~ Saya dan Kak Hery juga punya selera makan yang sama. Apa yang Kak Hery suka, pasti saya suka. Dan apa yang saya suka pasti Kak Hery suka juga~ **Hugs buat Kak Hery** Sayaaaaang banget ma kamu~~

_______________________________________________________________________

 

Sebenarnya masih banyak hal menarik yang bisa diceritakan tentang 12 teman-temanku ini. Tapi kayaknya nggak mungkin bisa diceritakan habis di sini. Tapi apa yang penting, merekalah yang telah mewarnai hidupku selama dua bulan di Kassa. Menghadiahkanku pelajaran dan kenangan terindah yang tidak mungkin bisa saya dapatkan di tempat lain. Tuhan saja yang tahu betapa bahagianya saya selama bersama mereka, alhamdulillah…

 

Makasih banyak, teman-teman. Maaf banget kalau post ini menyinggung siapa-siapa. Tidak bermaksud kok, sekedar menyingkap nostalgia dan kenangan. Percayalah, saya sayang banget sama kalian. Sayunya hati karena terpisah sama kalian. Saya doakan semoga kalian dapat yang terbaik dalam hidup, amiin…

 

With lots of love,

Halaa Burhanuddin

Kassa Health Crew

2008…

Advertisements

19 thoughts on “My Memorable ‘Kassa Health Crew’

  1. Cayyo….semangat ya ukht nulis curahan hatinya….kayaknya setelah kubaca semua tulisannya lumayan menyentuh dan kena dengan karakter dan pembawaan masing-masing teman. Ku terinspirasi mau nulis juga kayak hala…tunggu yah!

    Ehm…pasti dari sekian teman-teman yang paling panjang ceritanya tuh si mamo yah…ups cuma bercanda ukhti yang manis dan baik hati seperti geri cokolatos…

    Oh ya…afwan ya ukh ku buru-buru mau pulang karena sebentar mau balik ke kampung halaman, dan sekarang ku harus peking-peking..kudengar hala tuh sakit..semoga lekas sembuh ya, untuk kenangan KKN jangan terlalu dikenang deh nati sakit malarindu lagi…dan halanya tambah kurus lagi. Hal…senang bisa kenal dan berteman dengan anti…kalau ke malaysia pulang jangan lupa oleh-olehnya ya…

  2. fuhh, mantap r halaa..
    mantap dlm mencurahkan feeling nyer, huhuuu…
    klo ade bdget lbh bawakla member2 indon tu meh mesyie, especially to klate, wakakaaaa..

  3. Salam akak!
    I’m glad we r blessed with our happy and compact posko group…Alhamdulillah!
    I think I left something in Padaelo. Guess what?
    I left my heart there unintentionally!!

  4. salam…..
    memang compaq bangaat posko halaa……
    mantap mentong arr….
    rupa-rupanya tidak sia – sia ALLAH swt tempatkan hALA sekali ngan diorg….
    pia dengar ciTE dr hALA pun BEst …
    mmg patut laaa Hala SAyANG sgt KAT diaorg…

  5. alhamdulillah… dengar2 cerita Posko Tonyamang, Posko Padaelo n Posko Pallemeang pun best juga kan… huhu… sesungguhnya kalau kita bersyukur, maka Allah s.w.t akan mengurniakan sesuatu yang lebih baik buat kita…

    indeed, tidaklah saya mencintai tempat itu kalau bukan kerana warganya dan ilmu-ilmu yang tercurah darinya, alhamdulillah… terima kasih buat semua warga Posko Kassa… banyak sangat yg saya pelajari dari kalian. Hanya Tuhan yang dapat membalas segalanya…

  6. thank’s bwt teman2q yang ada di kassa crew miss u all, ikha kangen banget dengan canda tawa kalian, ikha juga kangen dengan gosip2nya kalian, thank;s jg buat halaa yang udah membuat memorian yang cukup membuatq sedih, kapan lagi kita semua bisa ngumpul lagi kayak dulu, MISS U ALL don’t forget me, buat paceq “pace Mamo” anak kangen nech ma pijitan pace kapan lagi pace mijitin anak.
    buat teman2 semua jangan sampai putus tali silaturahmi kita ya, apapun yang terjadi kita semua tetap tim “BILAJENG CITY”.
    Seperti Panca KASSA yang kita semua buat yakni “MENANGGUNG SESAMA”

  7. haizz…teringat lagi kat teman2 poskoku…biler teringat rasa sayu… pernah waktu malam perpisahan kitorang, ada warga kampung patobong bilang “bukanlah perpisahan yang di tangiskan, tetapi pertemuan itu yang dipersalahkan”…
    Agak jiwang tetapi menarik , sampai2 kata2nya itu menusuk dalam hati…
    May all memories, wether its happy or sad remains 4ever, we live our lives, grow old and all, without ever forgetin’ it…inshaAllah~~~

  8. Aduh….baca ini jd kangen neh sm tmn2 kassa smua..Jadi terharu neh, hikz2…Ingat masa2 qta d posko..jd pengen ulang masa2 KKN…
    Bwt Halaa, Halaa tuh salah satu teman terbaik yang pernah saya kenal…Perhatian sm teman, suka menolong, n banyak lg deh.. Paling berkesan wktu Halaa rawat saya waktu sakit…padahal hanya batuk dan flu doang..Diambilkan minum, dikasi obat, truz dibikankan ramuan bwt balikin suaraku yang nyaris hilang..tuz slalu mengingatkan untuk minum obat. Betul2 teman yang sangat perhatian…Jadi kangen neh sama halaa..Halaa jgn prnah lupakan rizka ya…
    Truz bwt teman2 Kassa yg lain, jgn pernah lupakan rizka ya…Dmnapun kalian berada tetap ingat saya ya…Kalian adalh teman2 t’baik yg pernah sy kenal…hubungan p’sahabatan ini jgn smp putuz ya…Ingat slalu semboyan qta “PANCA KASSA”
    MIZZ U ALL FRIENDS….

  9. halaa… sy dah baca…
    mantap mentong posko halaa…
    pengalaman yg halaa cerita tadi malam pun best gak heehe..
    buat sy kangen sama poskoku….MAKKAWARU FAMILY CERIA…heehe 🙂

  10. Just google some info bout my ancient home town. I never been there before but from what i know my grandpa always say it a very good place, far away from city life…

    Thanks for everything that u do with my ancient home town..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s